Resep: Bubur tinutuan khas manado plus tipsnya

www.resepmasakanpedia.com | Bubur tinutuan khas manado plus tipsnya. Tinutuan is originated in Manado, a city located in North Sulawesi island of Idonesia. It is basically a rice porridge cooked with sweet potatoes, cassava, pumpkin and also veggies like spinach, water spinach (kangkung), corn kernels, and serve with toppings such as sambal, crispy fried shallots. Bubur Manado or Tinutuan is a traditional dish of Manado, North Sulawesi.

Udah kukmark lama, tapi belum pengen ngebubur. skrg baru eksekusi Source : Yessy Yoana (ig:pawonmbahmitro) #SeptemberCeria #WeekendChallenge. Bubur khas manado yang kalau makan bikin nambah lagi,nambah lagi 😁 dengan campuran beberapa macam. Bubur tinutuan adalah salah satu kuliner khas Manado, Sulawesi Utara yang tergolong sebagai makanan sehat. Bunda bisa membuat Bubur tinutuan khas manado plus tipsnya menggunakan 16 bahan dan 6 langkah mudah. Begini cara membuatnya.

Bahan-bahan untuk membuat Bubur tinutuan khas manado plus tipsnya

  1. 300 gr beras.
  2. 1500 ml air.
  3. 1 buah jagung.
  4. 300 gr ubi @3bh.
  5. 300 gr labu kuning.
  6. 1 ikat bayam.
  7. 2 lembar daun kunyit.
  8. 1 ikat kemangi.
  9. 1 batang daun bawang.
  10. 3 batang serai.
  11. 5 siung bawang putih.
  12. 1 sdm margarine.
  13. 1 sdm minyak goreng.
  14. 1 bks lada bubuk.
  15. 1 bks royco rasa sapi.
  16. 1 sdm garam.

Sebab, bahan yang digunakan adalah aneka sayur-sayuran dan bahan makanan pokok yang mengandung berbagai vitamin, karbohidrat serta komponen gizi lainnya. Resep Bubur Manado – Wikipedia Indonesia, Tinutuan atau bubur Manado adalah makanan berupa bubur sayur yang khas dari Manado, Sulawesi Baca Juga: Resep Gulai Ikan Kakap Khas Masakan Padang Istimewa. Bubur Manado paling enak dimakan selagi hangat untuk sarapan pagi sebagai. Tinutuan, also known as bubur manado or Manadonese porridge is a specialty of the Manado cuisine and a popular breakfast food in the city of Manado and the surrounding province of North Sulawesi, Indonesia.

Baca Juga  Cara membuat: Bubur manado

cara pembuatan Bubur tinutuan khas manado plus tipsnya

  1. Siapkan semua bahan,seperti cuci beras,cuci sayuran,potong dadu ubi,sisir jagung,petiki bayam,kukus labu,geprek bawang puti dan dicincang halus,geprek serai,siapkan garam,lada,kaldu bubuk..
  2. Tumis bawang putih dengan margarine dan minyak goreng sampai kecoklatan,tambahkan garam,lada,royco..
  3. Masak dimajic com beras,jagung,ubi tumisan bawang sampai masak.jika kurang air/ buburnya masih berbentuk nasi,tambahkan lagi air panas,masak lagi sampai berbunyi klik,tanda bubur masak.tambahkan sayuran hijaunya..
  4. Tata dipiring,biasanya dimakan bersama ikan asin dan sambal.disini aku tambahkan telur rebus,sambal bajak dan ikan asin masak asam khas banjar. (lihat resep).
  5. Tips membuat bubur manado : 💕 masak labu kuning,biasanya dikukus setengah masak,lalu dipotong dadu,sebagian diulek.tapi tadi, labunya aku masak pake happy call(kukusanku nggak tau kemana😁) 💕memasukan sayuran hijaunya terakhir aja setelah semua bahan masak,jadi nggak over cooking..
  6. Caraku masak bubur tadi : setelah bubur masak(tidak ku tambah sayuran hijau di majicom)ku ambil bubur setengah majicom(untuk 5 porsi) masukan ke dalam wajan,tambahkan sedikit air,tadi sekitar 75 ml,setelah mendidih,masukan sayuran hijaunya,dimasak dengan api kecil sampai sayuran masak Dengan cara ini, warna hijaunya lebih cantik tiap kali mau dimakan. karena aku masaknya banyak,jadi aku pakai cara ini,kalau masaknya sekali habis,sepertinya nggak perlu dipindah ke wajan deh🤗.

Tinutuan is a congee made from rice, pumpkin and sweet potato or cassava cooked up. Bubur khas Manado ini berbeda dengan bubur ayam yang sudah beredar luas. Tinutuan hanya berisikan sayuran tanpa mengandung daging sehingga bisa dijadikan makanan pergaulan antarkelompok masyarakat di Manado. Tinutuan is Indonesian rice porridge that originated in North Sumatra in the city of Manado, but it's also often associated with Minahasa. The anecdote about the invention of tinutuan says that when North Sumatra was colonized, the living conditions were hard, and in order to feed their families. Demikian resep Bubur tinutuan khas manado plus tipsnya, jangan lupa terus selalu cek resepmasakanpedia.com untuk resep lainnya.

Baca Juga  Resep: Bubur Manado

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *